Curriculum Material Development adalah mata kuliah terkait pengembangan bahan ajar Bahasa Inggris menyesuaikan kurikulum yang berlaku. Melalui pembelajaran berbasis inkuiri (inquiry-based learning) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan modus perkuliahan luring dan daring, mahasiswa mengidentifikasi, membandingkan, menyimpulkan dan menjelaskan konsep Language Curriculum Development, Models of Language Curriculum Development, Syllabus Design, English Syllabus, Process and Assessment Standards in Current Practice Curriculum, Principles and Procedures of Material Development in Language Teaching. Berdasarkan penguasaan pada konsep-konsep tersebut, mahasiswa mampu melakukan analisis dan membuat rancangan materi pembelajaran bahasa Inggris yang diperkaya dengan teknologi digital dan mengomunikasikannya baik dalam bentuk Blog, tulisan essay atau video You Tube atau artikel. Ketercapaian capaian mata kuliah dilakukan melalui kemampuan mahasiswa melalui laporan hasil analisis perangkat pembelajaran, menyusun perangkat pembelajaran dan bahan ajar sesuai dengan kebutuhan kurikulumnya.

Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa mampu:

  1. Menjabarkan konsep dan memberi contoh model-model pengembangan kurikulum Bahasa
  2. Menjelaskan konsep dan memberi contoh jenis-jenis silabus dalam ELT
  3. Menjelaskan konten kurikulum terbaru, perbandingan dan pemaparannya serta evaluasinya dibandingkan kurikulum sebelumnya
  4. Menjelaskan dan memberi contoh tahapan model pembelajaran (GBA sebagai metode pembelajaran) yang direkomendasikan
  5. Menyusun modul ajar setidaknya pada pengembangan materi untuk pembelajaran berdiferensiasi
  6. Membuat rancangan materi pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dengan mengintegrasikan media ajar tradisional, serta teknologi digital sesuai dengan Kurikulum Merdeka ataupun kurikulum terkini.