Mata kuliah Hukum Acara Perdata ini membahasa mengenai Asas – Asas Hukum Acara Perdata, Kompetensi Pengadilan, Tuntutan Hak (Gugatan dan Permohonan), Surat Kuasa, Gugatan, Tahapan – Tahapan dalam Beracara Perdata di Pengadilan, Macam – Macam Sita, Putusan Hakim, Upaya Hukum, serta praktik Menyusun Surat Kuasa dan Gugatan. Oleh sebab itu, mata kuliah ini akan menekankan pada pemahaman terhadap cara atau prosedur penyelenggaraan prosedur beracara perdata secara objektif, rasional dan kritis

Mata Kuliah Teori Konstitusi dan Mahkamah Konstitusi merupakan salah satu Mata Kuliah Inti pada Prodi Hukum Tata Negara. Mata Kuliah ini mencakup kajian tentang konstitusi dan perkembangannya, khususnya pengalaman dan praktek di Indonesia. mata kuliah ini juga mengetengahkan kajian-kajian teoritik tentang konstitusi dari para ahli-ahli hukum di dunia. pada bagian lainnya mata kuliah ini memperkenalkan secara lebih detail tentang platform institusi Mahkamah Konstitusi.

Mempelajari Mata Kuliah Teori Konstitusi dan Mahkamah Konstitusi, Mahasiswa diharapkan  dapat mengerti, memahami dan mampu menjelaskan perihal teori-teori tentang konstitusi, pengertian, makna dan perkembangan konstitusi, serta mengetahui sejarah, kedudukan, fungsi dan kewenangan institusi Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.